Recents in Beach

Pengertian Java, JDK, dan NetBeans

Apa itu Java?

Pengertian Java, JDK, JVM dan NetBeans Dodi Blog


Java adalah sebuah teknologi yang di perkenalkan oleh Sun Microsytems pada pertengahan tahun 1990.Menurut devinisi Sun. Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi yang digurakan untuk mambuat dan menjalankan perangkat, lunak pada komputer stand alone ataupun pada lingkungan jaringan. Kita lebih menyukai Java sebagai, sebuah teknologi di banding hanya sebuah bahasa pemrograman karena Java lebih lengkap dan pada sebuah bahasa pemrograman konvensional.

baca juga Belajar Coding Java Untuk Pemula

Teknologi Java memiliki kamponen penting. Sebagai berikut:


1. Java Development Kit


Java Development Kit rnerupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode Java menjadi bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh Java Runtime Environtment

Java Development Kit wajib terinstal pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis Java Namun Java Davelopment Kit tidak wajib terinslal di komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun rnenggunakan Java

Sun Microsystems, Inc. adalah sebuah produsen semikonduktor dan perangkat lunak yang bermarkas di Santa Clara, California, di Lembah Silikon. Pabrik Sun terletak di Hillsboro, Oregon dan Linlithgow, Skotlandia. Ia dibeli oleh Oracle Corporation pada 2010. Wikipedia

2. Java Runtime Environment


Java Runtime Environment merupakan perangkat lunak yang, digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan Java, Versi JRE harus sama autu lebih tinggi dari JDK yang digunakan untuk membangun aplikasi agar berjalan dengan sesuai yang diharapkan.

3. NetBeans IDE

NetBeans IDE merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun perangkat lunak yang lain NetBeans IDE dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak berbasis Java Standard Edition, Java Enterpise Edition. Java Micro Edition, JavaFX PHP, C/C++, Ruby. Groovy dan Phyton.

baca juga Belajar Coding Java Untuk Pemula

Pada tanggal 17 November 2006. Sun mengumumkan bahwa akan dirilis di bawah GNU General Public Lisense (GPL). sehingga membuat perangkat lunak ini bebas Hal ini terjadi pada tanggal 8 Mei 2007. Sun Contribution Code sebagai sumber untuk JDKOpen JRL (Java Research License) ini dibuat khusus untuk universitas dan peneliti yang ingin menggunakan teknologi Java sebagai subjek pembelajaran dan penelitian. NetBeans mengacu pada kedua kerangka platform untuk aplikasi desktop Java, dan sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE) unluk pengembangan dengan Java. JavaScript. PHP. Python, Ruby, Groovy, C, C, Scala, Clojure, dan lain-laln NetBeans IDE ditulis dalam Java dan berjalan di sernua platform di mana JVM yang sudah terinstal  termasuk Windows, Mac OS, Linux. dan Solaris.


Sebuah JDK di perlukan untuk pengembangan fungsionalitas java, tetapi tidak diperlukan untuk pembangunan di bahasa pemrograman lain. Platform NetBeans memungkinkan aplikasi untuk dikembangkan dari satu set komponen perangkat Lunak moduler yang disebut modul. Aplikasi berbasis platform NetBeans (termasuk IDE NetBeans) dapat dikembangkan oleh pengembangan pihak ketiga.

baca juga Belajar Coding Java Untuk Pemula

Post a Comment

2 Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete