Recents in Beach

Apa Itu NetBeans ? Java Integrated Development Environment (IDE)

NetBeans adalah Integrated Development Environment (IDE) berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi desktop yang dapat berjalan diberbagai macam platforms, seperti Windows, Linux, Mac OS X. and Solaris, Suatu IDE adalah lingkup pemrograman

Netbeans Integrated Development Environment (IDE)

Apa itu Netbeans ?

Pengertian Netbeans

NetBeans adalah Integrated Development Environment (IDE) berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi desktop yang dapat berjalan diberbagai macam platforms, seperti Windows, Linux, Mac OS X. and Solaris, Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu compiler atau interpreter, dan suatu debugger. Netbeans merupakan software development yang Open Source, dengan kata lain software ini di bawah pengembangan bersama, bebas biaya. NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna sangat luas komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra. Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka Netbeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Saat ini terdapat dua produk. NetBeans IDE dan NetBeans Platform.

  1. NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan sebuah kakas untuk pemrograman menulis, mengkompilasi,mencari kesalahan, dan menyebarkan program. Netbeans IDE ditulis dalam Java namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan.
  2. NetBeans Platform adalah sebuah fondasi yang modular dan dapat diperluas, dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat tools dan solusi sendiri. Kedua produk adalah kode terbuka (open source) dan bebas (free) untuk penggunaan komersial dan non komersial. Kode sumber tersedia untuk guna ulang dengan lisensi Common Development and Distribution License (CDDL).

Kelebihan dan Kekurangan Netbeans


  • Kelebihan NetBeans GUI Builder: GRATIS. Selain itu, NetBeans GUI Builder sangat cocok dengan Swing karena langsung dikembangkan oleh Sun, pengembang Swing.
  • Kekurangan NetBeans GUI Builder: NetBeans hanya mendukung 1 pengembangan Java GUI, yaitu Swing. NetBeans mempatenkan source untuk Java GUI yang sedang dikerjakan dalam sebuah Generated Code sehingga programmer tak dapat mengeditnya secara manual.

Sejarah Netbeans.


NetBeans dimulai pada tahun 1996 sebagai Xelfi (kata bermain pada Delphi), Java IDE proyek mahasiswa dibawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika di Charles University, Praha. Pada tahun 1997, Roman Stank membentuk perusahaan sekitar proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE yang kemudian dibeli oleh Sun Microsystems pada tahun 1999. Komunitas NetBeans in besar dan terus tumbuh berkat individu dan semakin hari perusahaan yang menggunakan dan berkontribusi dalam proyek ini. 

Versi NetBeans IDE 6.0 memperkenalkan dukungan untuk mengembangkan modul IDE dan aplikasi klien kaya berdasarkan platform NetBeans. Java Swing GUI builder (sebelumnya dikenal sebagai "Proyek Matisse"), meningkatkan CVS dukungan, WebLogic 9 dan JBoss 4 dukungan, dan perangkat tambahan banyak editor. NetBeans 6 tersedia dalam penyimpanan resmi dari distribusi Linux utama. Selain itu, NetBeans Enterprise Pack mendukung pengembangan aplikasi Java EE 5 perusahaan, termasuk SOA alat desain visual, skema XML tools, web orkestrasi layanan (untuk BPEL), dan UML modeling. NetBeans IDE Bundle untuk C/C++ membantu untuk pengembangan C/C++. Sudah terdapat instant messaging, pelacakan masalah sudah terintegrasi, dan navigasi dalam IDE. Dukungan untuk pengembangan aplikasi web dengan PHP 5.3 dan kerangka Symfony, Finish Code sudah diperbaiki, layout, petunjuk, dan navigasi dalam proyek JavaFX dirilis pada bulan Juni 2010. Fitur-fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain: 

  • Smart Code Completion: untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword, dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
  • Bookmarking: fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi.
  • Go to commands: fitur yang digunakan untuk berpindah ke deklarasi variabel, source code, atau file yang ada pada proyek yang sama.
  • Code generator jika kita menggunakan fitur ini, kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method, dan lainnya.
  • Error stripe: fitur yang akan menandai baris yang error dengan memberi highlight merah. Untuk mendapatkan software Netbean, Anda dapat mengunduh langsung dari web resminya, yaitu https://netbeans.org/.

Post a Comment

0 Comments